BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
belakang
Bahasa
Inggris merupakan bahasa internasional, yang mana bahasa yang digunakan pada percakapan antar negara pada umumnya. Dalam bahasa Inggris
terdapat aturan-aturan yang harus digunakan untuk menata kalimat atau membentuk
kata dengan imbuhan. Seperti halnya dalam materi bahasa ingris dengan sub bab
participle, gerund, conjuction, dan derivatives.
Dalam
materi participle, terdapat dua masalah, yaitu active participle dan passive
participle. Pada active participle terdapat aturan rumus-rumus dalam pemakaian
kata-katanya, sehingga menjadi padu. Kemudian juga pada passive participle.
Hanya saja pada dua masalah tersebut yang membedakan adalah active dan
passivenya. Pada materi gerund, derund
sendiri merupakan mengubah kata kerja menjadi kebendaan. Maksudnya kalimat kata
kerjanya yang dijadikan gerund menjadi pasif. Pada materi gerund ini juga
terdapat rumus-rumus yang harus dipakai, tidak boleh asal. Karena untuk
memadukan kalimat yang ada di dalamnya. Kemudian pada conjuntion merupakan kata
penghubung dalam bahasa Inggris. Kata-kata tersebut bisa dikatakan dengan
istilah BOYFANS. Kemudian dengan halnya derivatives, derivatives itu sendiri
merupakan kalimat turunan, yang mana kalimat tersebut mendapat perubahan karena
imbuhan. Imbuhan tersebut hanya awal dan akhir. Dan dalam bahasa Ingris tidak
mengenal imbuhan ditengah kata.
B.
Tujuan
tujuan
dari penulisan makalah ini adalah sebagai berikut:
a. Untuk
memahami materi bahasa Inggris tentang participle, gerund, conjuntion, dan derivatives.
b. Untuk
mengetahui materi bahasa Inggris tentang participle, gerund, conjuntion, dan
derivatives.
c. Untuk
melengkapi tugas dalam mata kuliah bahasa Inggris.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
PARTICIPLE
A.1.
Active Participle
V-ing yang berfungsi sebagai penjelas.
a. Pembentukan
di depan kalimat,
V-ing
+S+P
Having
+ V3
Keterangan:
V-ing
dan Having V3 yang diletakkan diawal kalimat mengandung tiga makna:
1. Kejadian
sebab akibat
2. Kejadian
berurutan
3. Kejadian
bersamaan
Ø Sebab
akibat
Studying,
he passed the test.
(he
passed the test because/as/for, since studied)
Ø Berurutan
Having
opened the drawer, I take the gun.
(after
I have opened the drawer, I take the gun)
Ø Bersamaan
Studying,
he watches the TV.
(while
he is studying, he watches the TV)
b. Apabila
subject melakukan dua pekerjaan pada saat yang sama..
S +
V + V-ing + object
Example:
He
run kicking the ball.
c. Setelah
object dari kata kerja sensasi
S +
Verb Panca Indra + orang + V-ing
Keterangan:
V-ing
mengikuti verb panca indra seperti: see, notice, observe, watch,find,smell,
listen, hear, feel, esc.
Example:
When
I came back home, I saw the boy trying to get on the roof.
Jika
diikuti V1, peristiwanya lengkap dari awal sampai akhir. Jika diikuti V-ing,
peristiwanya tidak lengkap, hanya saat sedang dikerjakan.
d. Digunakan
sebagai kata sambung dalam gabungan kalimat yang menggunakan relative pronoun.
(kalimat)
+ N + V-ing
Example:
Kalimat
1: I meet the girl.
Kalimat
2: She smiles.
Gabungan
kalimatnya:
1. I
meet the girl who smiles (relative Pronoun).
2. I
meet the girl smiling (active participle).
e. Membentuk
noun phrase (frase kata benda)
V-ing
+ N
Example:
I
meet the smiling girl (noun phrase).
A.2.
Passive Participle
V3 yang berfungsi sebagai penjelas.
a. Pembentukan
di depan kalimat,
V3
+S+P......
Having
+ been + V3
Keterangan:
V3
dan Having been V3 yang diletakkan di awal kalimat mengandung tiga makna:
1. Kejadian
sebab akibat.
2. Kejadian
berurutan.
3. Kejadian
kebersamaan.
Example:
Ø Sebab
akibat
Surrounded by mountain, the
city has a cool climate.
(because/as/since the city is
surrounded by montain, the city has a cool climate).
Ø Berurutan
Having been beaten by Joko,
Joni became a polite man.
(after Joni had been beaten
by Joko, he become a polite man).
Ø Bersamaan
Studied, he watched the
movie.
(while he is studying, he
watches the movie)
b. Setelah
object dari kata kerja sensasi
S +
V panca indera + benda + being V3
Keterangan:
V3
mengikuti verb panca indera jika objeknya adalah objek pasif (benda).
Example:
When
I came back home, I saw the roof being tried to get on.
c. Digunakan
gabungan kalimat dengan menggunakan Relative Pronoun.
(kalimat)
+ N + V3
Keterangan:
Dalam
kalimat V3 berfungsi menerangkan Noun (kata benda) mengacu arti yang di......
Example:
The
book is good.
The
book is written by Mr. Covey.
Gabungan
kalimat:
1. The
book which is written by Mr. Covey is good.
2. The
book written by Mr. Covey is good. (passive participle).
d. Membentuk
frase kata benda
V3 +
N = yang di / ter
Example:
Ø The
tired boy (anak lelaki yang lelah).
Ø Hidden
treasure (harta karun yang terpendam).
Ø Written
story (cerita yang tertulis).
Contoh
soal:
1. ...............
a few thousand dollars, he went on a tour to Europe.
a. Saved
b. Have
saved
c. He
has saved
d. Having
saved
e. After
he saves
Answer:
d. Having saved
2. ................
at two prestigious universities, Amanda has a hard lime deciding which one two
choose.
a. Accepting
b. She
was accepted
c. Accepted
d. To
be accepted
e. She
was accepted
Answer:
c. Accepted
3. Sometimes
life must be very unpleasant for people ..............near airports.
a. Live
b. Be
living
c. living
d. They
are living
e. They
lived
Answer:
c. Living
B.
Gerund
V-ing
yang berfungsi sebagai Noun (kata benda). Fungsi:
1. Sebagai
subjek
S (gerund) + V + O
Example:
Swimming is my hobby.
2. Sebagai
objek
S + V + O (gerund)
Example:
I like swimming.
3. Mengikuti
preposisi / kata depan
(preposisi: in,on, at, of,
for, from, by, without, after, before).
Example:
He is good at speaking
english.
4. Mengikuti
prepositional object
To be used to : terbiasa
To be accustomed to : terbiasa
Object to : keberatan
Look forward to : menanti / ingin sekali
To take to : senang
Confess to : mengakui
Example:
I am looking forward to
hearing from you soon.
Rumus praktis !
1. Used
to + V1 (Kebiasaan
lampau)
2. To
be + used to + gerund (kebiasaan hingga
sekarang)
Example:
Ø I
used to play soccer. (sekarng sudah tidak lagi)
Ø I am
used to playing soccer. (sampai sekarang masih dilakukan)
5. Possessive
pronoun + gerund
Keterangan: possessive
pronoun (kata ganti kepunyaan): my, his, her, their, your, our.
Example:
I don’t mind her smoking
here.
6. Membentuk
Noun phrase (frase kata benda)
V-ing + Noun
Example:
Ø Swimming
pool ( kolam untuk berenang),
Ø Walking
stick (tongkat untuk berjalan),
Keterangan: bedakan dengan
frase kata benda active participle.
7. Mengikuti
verb (kata kerja) tertentu ( V tertentu + gerund)
Keterangan:
Verb tertentu yang diikuti
gerund:
Avoid, admit, appreciate,
anticipate, continue, deny, detest, delay, enjoy, excuse, finish, forgive,
fancy, keep, mind, postpone, prevent,risk, resist.
Example:
Ø He
enjoy’s smoking.
Ø I
avoid answering my question.
Contoh
soal:
1. Despite
criticisms from political opponents, the new president continues
his.................abroad to appeal to foreign countries to invest in
Indonesia.
a. To
travel
b. Traveled
c. Traveling
d. He
traveling
e. To
he traveled
Answer:
c. Trveling
C.
Conjunction
Conjuntion
adalah sebuah kata dimana menghubungkan kata atau kalimat. Conjuction dalam
bahasa Inggris yaitu but, or, yet, for, and, nor, so atau bisa dingat dengan BOYFANS. Pada kata conjuntion and, or,
but and so dikatakan sebagai coordinating conjuntion, karena kata conjuntion
tersebut menghubungkan bagian yang sebanding dalam kalimat.
Example:
And
:
Ø “Lisa and Miguel are coming with us.”
Or :
Ø We can go to the movies or to the mall.
But :
Ø We have a lot in common, but we do not
like the same kind of music.
So :
Ø Uncle Kevin is coming to visit, so I
have to get home early.
Yet:
Ø I
worked hard, yet I failed.
For
:
Ø Tom
must be ill, for he is absent today.
Nor
:
Ø He
doesn't want to live in the country when he grows up, nor does he want to live
in the city.
Questions
:
1. Mary ______ Joanne are my sisters.
a. and
b. or
c. but
d. so
answer
: a. And
2. I will study every night ______ I
can pass the test.
a. and
b. or
c. but
d. so
answer
: d. So
D.
Derivatives
Derivatives
adalah pola kata jadian atau kata yang berasal dari kata lain atau dari pangkal
atau dasar kata kerja atau sifat dan sebagainya. Mengubah satu kata kedalam
kata jadiannya dengan menambahkan partikel pada kata tersebut. partikel yang
ditambahkan disebut afixes (imbuhan) yang meliputi imbuhan di depan (prefix)
dan atu belakang (suffix).dalam bahasa Inggris tidak mengenal imbuhan di tengah
(infix).
Aturan
umum dalam derivatives:
a. Untuk
kata benda:
1. Setelah
determiners: a, the, my, our, his, your, this, that, those, some, each etc.
Example:
We must carry out our
development.
2. Pola
pembentukan kata benda:
a. –ion,
-tion
Example:
Collection, confusion,
correction, etc.
b. –ment
Agreement, development, etc.
c. –age
Carriage, package, etc.
b. Untuk
kata sifat, ciri-cirinya:
1. Setelah
kata: very, so, quite, too, more, most.
Example:
The ball is so expensive.
2. Menggunakan
akhiran:
a. –ive
Example:
Imaginative, creative, etc.
b. –ous
Example:
Dangerous, suspicious, etc.
c. –ful
Example:
Beautiful, powerful, etc.
c. Untuk
kata kerja, ciri-cirinya:
1. Menggunakan
awalan
a. En-
Example:
Enlarge, ancourage, enrich,
etc.
2. Menggunakan
akhiran
a. –ze,
-ize
Example:
Apologize, memonze, etc
b. –en
Example:
Lengthen, frighten, etc.
c. –fy,
-ify
Example:
Classify, solidity, terrify,
etc.
d. –ed,
-ing
Example:
Cleaned, cleaning, studied,
studying, etc.
d. Untuk
kata keterangan, gunanya untuk menerangkan kata kerja.
Example:
Ø He
walks carefully.
Ø He carefully ran away.
Ø Everyday, I
woke up early.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari
materi di atas yang telah dipaparkan, bahwa penulis dapat menyimpulkan:
a. Dalam
materi participle terbagi menjadi dua, yaitu active participle dan passive
participle, gerund merupakan membendakan kata kerja, dan conjuntion merupakan
penghubung kalimat, serta derivatives merupakan kata turunan yang diberi
imbuhan.
b. Dalam
materi participle, gerund, conjuntion, dan derivatives memiliki rumus atau
aturan masing –masing dalam penggunaannya.
B.
PENUTUP
Dengan
mengucap rasa syukur kehadirat Allah SWT yang mana memberikan hidayah dan
inayah_Nya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini walaupun dalam bentuk
sederhana. Semoga makalah ini dapat berguna bagi kita semua.
Saya
ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada bapak Bambang Eko Siagiyanto
sebagai dosen mata kuliah bahasa Inggris dan orang tua saya yang tidak
henti-hentinya mendukung saya sehingga dapat menyelesaikan makalah sederhana
ini. Semoga makalah ini dapat berguna bagi kita semua.
DAFTAR PUSTAKA
Arifin, miftah. 2009. Buku hafalan bahasa inggris. Yogyakarta:
pustaka widyatama.
ijin mau catat materinya. bagus banget
BalasHapus